Home Pendidikan BUNDA JULIE SUTRISNO LAISKODAT APRESIASI WORKSHOP SENI DAN PERTUNJUKAN KOLABORASI YANG DILAKUKAN UPTD TAMAN BUDAYA NTT

BUNDA JULIE SUTRISNO LAISKODAT APRESIASI WORKSHOP SENI DAN PERTUNJUKAN KOLABORASI YANG DILAKUKAN UPTD TAMAN BUDAYA NTT

foto berita ibu gub 01-1

LIPUTAN7.NET

KUPANG – Saya sepakat langkah yang dilakukan UPTD Taman Budaya NTT dalam melakukan Workshop Seni Teater,Tari,Musik dan Seni Rupa. Saya Suka Suatu Pertunjukan Seni yang tidak merusak budaya seni tradisi peninggalan leluhur kita NTT. Saya mau mendukung kegiatan seni budaya yang benar-benar dilakukan secara berkesinambungan dan berkualitas. Dan saya mengajak seluruh seniman untuk bersatu membangun seni dan budaya kita. Dan kepada para Nara Sumber yang adalah seniman, harus memberikan masukan-masukan positif bagi generasi muda sehingga kesenian yang akan dipertunjukan benar-banar indah dan masih memiliki nilai-nilai tradisi yang ada di NTT.

Itulah pernyataan Ketua Dekranasda Provinsi NTT yang juga adalah anggota DPR RI,  Julie Sutrisno Laiskodat, saat menutup rangkaian acara Workshop Seni Teater, Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa, tingkat pelajar dan guru seni serta pelaku seni dan seniman provinsi NTT, bertempat di Gedung Taman Budaya Gerson Poyk Kupang pada, 17 September 2020.

Isteri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ini mengatakan bahwa sudah saatnya kesenian yang ada di NTT dikelolah secara baik dan berkualitas untuk mendukung pembangunan kepariwisataan di Provinsi NTT tercinta.

“ Loko Motif Pembangunan di NTT saat ini adalah Pariwisata, dan Seni budaya merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dengan kepariwisataan sehingga saya berharap para pelaku seni, pelajar, masyarakat serta para insan seni dan seniman, saling bergandeng tangan merawat dan mengembangkan seni budaya yang ada agar benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi pembangunan kita,” ucap bunda Julie dengan nada serius.

Pada kesempatan tersebut, bunda Julie mengapresiasi pertunjukan Drama Musikal yang dipentaskan berkat kerjasama peserta workshop dari seni Teater,Musik,Tari dan Seni Lukis. Bunda mengatakan dirinya merasa kagum dengan pertunjukan Kolaborasi yang dilakukan namun dia tetap mengingatkan pentingnya menjaga keaslian seni tradisi warisan leluhur.

“ Terimakasih kepada kepala taman budaya NTT, para Nara Sumber, yang sudah merancang suatu pertunjukan yang sarat nilai seni budaya yang diharapkan akan  berguna bagi pembangunan di NTT. Kami dan pemerintah provinsi akan mendukung kehidupan dan keberlangsungan kesenian budaya yang ada guna mendukung program pembangunan pariwisata di NTT,”tandasnya.

Seperti yang disaksikan langsung oleh media ini, bahwa sebagai tanda penutupan acara maka  Bunda Julie menggambar di atas kanvas putih berbentuk coretan bergemlombang sebagai psan bagi insan seni  bahwa perjalanan seni memang bergelombang namun sekali saat pasti sampai juga pada penghujungnya  yakni cita-cita mulia yang diinginkan.

 Setelah menutup acara tersebut, bunda Julie menyaksikan pertunjukan Drama Musikal yang bertemakan kebangkitan Seni Membangun NTT selama kurang lebih 1 jam. Materi seni yang di sajikan berbentuk kolaborasi seni Musik dabn Nyanyi, Seni Tari, Seni Teater dan Seni Lukis.

Musik-musik yang ditampilkan adalah gabungan musik tradisional yang ada di NTT serta Musik Moderen. Seni Tari yang ditampilkan adalah seni Trari Kreasi Tradisi dari Rote yang berjudul Ofa Langga serta tarian Kreasi lainnya. Seni teater menampilkan  2 Puisi  berjudul Jadikan Aku Ya Tuhan serta  berjudul Jika Aku Bisa Menjaga Budaya Leluhur, sedangkan Seni Rupa menampilkan Sketsa Hidup di Tengah Pandemi Covid-19.

“ Saya sangat apresiasi dengan pertunjukan yang telah dipertonton tadi. Saya akan mendukung sesuai tujuan pembangunan yang sedang dilakukan,”ucap Bunda Julie kepada wartawan sehabis menyaksikan pertunjukan tersebut sambil keluar meninggalkan UPTD Taman Budaya Gerson Poyk tersebut. (LIP7-Samuel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkait

Lewat ke baris perkakas