Home Ekonomi Upaya Pemulihan  Ekonomi : Gubernur VBL  Minta Para Bupati Siapkan Langkah Strategis

Upaya Pemulihan  Ekonomi : Gubernur VBL  Minta Para Bupati Siapkan Langkah Strategis

gubernur rapat virtual

LIPUTAN7.NET

Kupang – Rapat kerja Gubernur bersama para Bupati secara virtual beserta para Pimpinan OPD Provinsi Nusa Tenggara Timur terkait dengan Evaluasi Penanganan Covid 19 , Upaya Pemulihan Ekonomi, Realisasi APBD Provinsi, Kabupaten/Kota khususnya terkait dengan Belanja Modal, Belanja Barang serta Dampak Belanja Bantuan Sosial, di di Ruang Rapat Gubernur pada Rabu, 02/09/2020.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menjelaskan, rapat tersebut merupakan lanjutan dari rapat terbatas bersama Presiden yang menyatakan bahwa Provinsi NTT merupakan daerah yang sangat rendah penyerapan anggarannya sebab itu Gubernur mengharapkan agar para Bupati harus menyiapkan langkah langkah strategis untuk memulihkan ekonomi lewat investasi anggaran pemerintah termasuk belanja APBD.

Menurut data yang diperolehnya, Gubernur menjelaskan bahwa ada beberapa kabupaten yang penyerapan anggarannya rendah diantaranya Rote Ndao, TTU, Sumba Timur, Ende, Sikka, Manggarai dan Malaka. Juga khusus bantuan sosial penyerapannya masih rendah.

Maka itu Gubernur mengharapkan agar para Bupati/Walikota dan instansi terkait perlu mengambil langkah-langkah strategis untuk mendorong semua proyek-proyek yang ada agar terlaksana dilapangan dengan cepat sehingga penyerapannya dapat mencapai lima puluh sampai dengan enam puluh persen.

Gubernur juga menambahkan, pemerintah dalam hal ini instansi terkait harus berjalan dengan cepat dalam menggerakkan semua sektor seperti pertanian, peternakan, perikanan, UMKM agar bisa berjalan dengan baik.

Gubernur juga mengharapkan lewat video conference ini para Bupati/Walikota dapat menyampaikan laporannya secara berkala agar pemerintah provinsi dapat mendesain kondisi pertumbuhan belanja di setiap kabupaten dan kebijakan kebijakan kabupaten untuk dapat mengatasi akibat dari dampak Covid 19. Langkah-langkah yang diambil harus cepat karena akan menyebabkan stagnasi yang luar biasa.

WAGUB INGIN BANTUAN SOSIAL HARUS DIPERCEPAT DAN TEPAT SASARAN

Sementara itu untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial, Wakil Gubernur NTT Drs. Josef A. Nae Soi MM melakukan pertemuan bersama Kepala Dinas Sosial dam juga pihak PT Flobamor.

Wakil Gubernur meminta agar penyaluran bantuan sosial harus dipercepat dan dituntaskan pada bulan september 2020 dan juga harus tepat sasaran. “Dinas Sosial kerja sama dengan PT Flobamor untuk percepat penyaluran. Bulan september ini harus diselesaikan. Tadi pada rapat bersama Bupati mereka minta kita untuk mempercepat itu,” jelas Josef.

“Ini kita lakukan untuk selamatkan ekonomi rakyat dan juga memperbaiki pertumbuhan ekonomi kita. Jadi lihat dengan jelas kalau masyarakatnya sudah memenuhi syarat langsung kita beri secepatnya dengan berimbang dan adil,” tambah Josef.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Jamalludin Ahmad mengatakan untuk penyaluran bantuan sosial kesulitannya juga terdapat pada data penerima yang berubah-ubah.

“Kita kesulitan itu pada data para penerima bantuan ini banyak yang berubah. Data di Provinsi lain dan di kabupaten (desa) lain makanya penyaluran masih harus lebih hati-hati. Ada data misalnya si A belum terima bantuan, nah kita cek lagi ternyata dia sudah terima. Nah ini kita akan antisipasi dengan baik sehingga penyaluran bantuan itu bisa sesuai target dan harus tepat serta tetap merata dan adil bagi masyarakat,” ujar Jamalludin.

“Kita juga akan melakukan rapat koordinasi dengan kejaksaan dan pihak kepolisian agar pendampingan atau pengawasan dilapangan tetap kita jaga dengan baik sehingga terhindar dari penyelewengan ataupun tindakan korupsi”, tambahnya. (*Red)

Sumber : Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT

Editor : Vhegas/Sam/Lip7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkait

Lewat ke baris perkakas