Pemprov NTT  Memfasilitasi Lomba Putra-Putri Tari Tingkat Provinsi

0
51
Foto
Kepala UPTD Taman Budaya NTT, Drs.Sofian Koerniawan, MM

LIPUTAN7.NET, KUPANG – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) melalui  UPTD Taman Budaya dan Dewan Kerajinan Daerah NTT, akan memfasilitasi kegiatan penyelenggaraan Lomba Putra-Putri Tari Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mendukung Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT di bidang pemajuan kebudayaan.

Kegiatan tersebut  akan dilaksanakan oleh muda-mudi yang tergabung dalam Kung Opa Group, yang sesuai rencana  dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 28 maret 2021, bertempat di Hotel sasando dan di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT.

“ Kegiatan ini adalah inisiatif dari kelompok putra-putri tari yang tergabung dalam Group Kung Opa dengan tujuan mendukung visi dan misi pemprov NTT di bidang pengembangan dan pemajuan kebudayaan. Kegiatan ini  juga  mengandung  upaya penanaman nilai-nilai budaya luhur. Oleh karena itu  kami bersama Dekranasda Provinsi bersedia memfasilitasinya untuk dilombakan,”ucap Kepala UPTD Taman Budaya NTT, Drs. Sofian Koerniawan, MM, saat diwawancarai wartawan media ini di Gedung Dekranasda Provinsi NTT, pada Selasa (2/3/2021).

Sofian Koerniawan menjelaskan bahwa kegiatan serupa juga telah dilakukan oleh tingkat nasional selama 3 tahun sebelumnya dan saat itu ada putra-putri tari NTT yang yang tergabung dalam Group Kung Opa, telah mengambil inisiatif sendiri untuk mengikutinya dan ternyata mereka mampu mengalahkan beberapa provinsi lainnya sehingga berhasil meraih juara 4.

Kata Sofian, Kung Opa Group punya lisensi nasional untuk melakukan lomba ini dan  tahun ini mereka berinisiatif melakukan Lomba Putra-Putri Tari Tingkat Provinsi NTT dengan melibatkan seluruh kaum muda pencinta tari yang ada di bumi Flobamora. Mereka telah berhasil melakukan kegiatan seleksi dan banyak muda-mudi pencinta tari yang lolos sebagai finalis dalam kegiatan yang akan digelar tersebut.

“Mereka punya inisiatif positif lalu mereka lakukan konsultasi dengan pihak Dekranasda Provinsi, kemudian Dekranasda mengajak Taman Budaya menginisiasi kegiatan tersebut. Dan karena melihat adanya upaya penanaman nilai-nilai budaya dalam kegiatan itu maka kamipun bersedia memfasilitasinya  sebagai bentuk sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat untuk membangun seni budaya bagi kesejahteraan para pelaku seni dan masyarakat,”Jelas Sofian.

Foto
Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, Rapat Bersama Pihak UPTD Taman Budaya NTT.

Sementara itu, Kung Opa, yang juga adalah ketua Group Kung Opa itu sendiri, yang ditemui di gedung Dekranasda pada waktu yang sama mengatakan, dia dan timnya berinisiasi melakukan kegiatan tersebut karena rasa cintanya terhadap keberlangsungan seni tari daerah.

Dia menjelaskan, lokasi kegiatan tersebut dibagi menjadi 2, yaitu, untuk karantina para peserta dilakukan di Hotel sasando, sedangkan untuk Malam Grand Final dilakukan di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT

Kung Opa berharap dengan kegiatan yang dilakukan bersama Taman Budaya dan Dekrenasda Provinsi tersebut bisa mendorong putra-putri  NTT untuk lebih mencitai seni tari tradisionalnya sehingga tetap lestari dari waktu ke waktu.

“ Tim kami telah melakukan seleksi tahap 1 dan sudah ada beberapa finalis putra-putri tari  yang siap berkompetisi. Kami akan melakukan lagi seleksi tahap ke 2 untuk memperoleh tambahan para finalis untuk ikut berkompetisi pada kegiatan ini,”ujar Kung Opa. (PUTRI/L7NET)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here